Author
Hi I'm a sixteen years old girl from Indonesia. Stalk me here.
Tutorials
All the list of tutorials, please click here. Thank you.
Credit
Tempelate by yours trully. Do not open my page source. I will respect you if you're respect me.

Perbedaan CSS dan HTML // Thursday, March 22, 2012

Hai all! Aku mau jelaskan/berbagi ilmu *eaa pada kalian xD tentang ilmu web design tentunya, bukan matematika, jadi nggak perlu kalkulator kok :P

Well, kalian para newbie, aku yakin sebagian besar belum tau soal CSS dan HTML padahal itu adalah 2 unsur penting pembangun sebuah tempelate. Aku juga yakin, para fake blogskiner juga mesti belum tahu. Mereka cuma mendownload tempelate then mereka edit, terus dicredit tempelate by mereka sendiri PADAHAL ITU HASIL EDITAN!

Ini pengertian menurut pelajaran TIK Terapan di sekolahku. Dari sana juga aku bisa sedikit belajar soal bentuk pen-codean sebuah tempelate.

CSS (Cascading Style Sheets).
CSS itu adalah kode-kode yang membangun sebuah web nya, jadi ibarat manusia, CSS itu tulangnya. Paham? Kalau belum paham, aku bisa kasi contoh CSS:

Codes tanpa CSS:

<html><head><title>//Chocolettha//</title>
</head><body>
<h1><font face="arial">Chocolettha's Blog</font></h1>
</body></html>

Codes dengan CSS:

<html><head><title>//Chocolettha//</title>
<style type="text/css">h1 { font-family: verdana; }
</style></head><body>
<h1>Chocolettha's Blog</h1>
</body></html>

Paham? belibet banget ya? aku nggak tau carane jelaskan gimana, itu aku jelasin pakai caraku sendiri >,< intinya, CSS itu yang menopang kode-kode pembangun tempelate. Biasanya diatas kode </style> itu semua adalah CSS.

HTML (HyperText Markup Language)
HTML ini adalah kode yang nggak masuk di dalam rumahnya <style> </style> *lol banget bahasanya-_-* okay aku tahu kalian sekarang bingung, so mungkin nggak akan bingung lagi, coba lihat contoh HTML:

<html> <head> <title> INI JUDUL </title> </head>
<body>
INI ISI. Contohnya Sidebar, main, header, etc.
</body> </html>

Well, kalau kalian lupa men-close HTML biasanya nanti tempelate akan rusak. Cara men-close:

Misal:
<div class="lettha"> ISI </div>
<span style="....."> ISI </span>
<head>.............</head>

Kode yang dipake buat nutup itu biasanya ada garis miringnya </

Kalau kode di depannya <div maka penutupnya juga </div> see?

Gampang banget kan? that's all. Do not copy this!